About Febri

Foto saya
Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia
Pria kelahiran Kebumen 04 Februari 1992 yang punya hobi drawing, painting, travelling, and singing. "N0 GAINS WITHOUT PAINS" adalah motto hidupnya yang selalu ia pegang teguh! Alamat rumah: - Desa Klirong Rt 02/02, Kec. Klirong, Kab. Kebumen 54381 - Kelurahan Petir Rt 011/03 NO.97, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang 15147

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia
Makara UI

Guru-guru SMAN 1 Kebumen

Guru-guru SMAN 1 Kebumen
Tahun Ajaran 2009/2010

Valiant to Get the Real Evolution Class (XII IPS 1)

Valiant to Get the Real Evolution Class (XII IPS 1)
foto buat album kenangan pukul 24.00

Sly and Innovative Personality (XI IPS 1)

Sly and Innovative Personality (XI IPS 1)
Liga Final Sepak Bola SMANSA di Stadion Candradimuka

Fantastic and Cool Community (X 3)

Fantastic and Cool Community (X 3)
Ultah Wali Kelas (Mrs. Endang)

PMR Wira SMAN 1 Kebumen 08/09

PMR Wira SMAN 1 Kebumen 08/09
Siamo Yesss!!!

Agustus 30, 2010

URGENSI PSA DAN MABIM

Nama : Febri Hermawan
NPM : 1006776302
Prodi : Sastra Daerah untuk Sastra Jawa

Pengaruh Apatisme terhadap Kebermanfaatan dari Kegiatan Pengenalan Sistem Akademik dan Masa Bimbingan untuk Mahasiswa Baru di Universitas Indonesia

Pengenalan Sistem Akademik dan Masa Bimbingan (PSA dan MABIM) sejatinya merupakan bagian dari rangkaian kegiatan penyambutan mahasiswa baru yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Universitas Indonesia sebagai sebuah acara pengenalan kampus dan dunianya. Dalam Pengenalan Sistem Akademik baik untuk tingkat universitas maupun fakultas kita akan dikenalkan dengan akademik, seperti dekanat, dosen, mata kuliah, SIAK-NG, SKS, hingga fasilitas kampus. Sedangkan dalam Masa Bimbingan kita akan dikenalkan dengan sistem organisasi kemahasiswaan, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Permusyawaratan Mahasiswa (DPM), BO/BSO, HMJ, dan lain sebagainya.
Namun, pada realitanya banyak sekali mahasiswa baru yang seolah apatis, acuh tak acuh terhadap kegiatan tersebut. Mereka memandang kegiatan ini adalah sebuah kegiatan yang melelahkan dan dan kurang bermanfaat. Mereka kurang respect, hanya berfikir pendek, dan kurang kritis. Padahal sudah sangat jelas dijabarkan dan diinformasikan bahwa kegiatan Pengenalan Sistem Akademik dan Masa Bimbingan (PSA dan MABIM) adalah kegiatan wajib yang sangat bermanfaat bagi seluruh mahasiswa baru.
Sikap seperti inilah yang menjadi bumerang bagi mahasiwa yang jika dibiasakan terhadap kegiatan-kegiatan lain yang urgen akan berdampak negatif dan sangat merugikan. Apalagi bagi mahasiswa yang seharusnya mampu mengimplementasikan tridharma perguruan tinggi: pembelajaran, penelitian, dan pengabdian.
Berbagai manfaat dari kegiatan Pengenalan Sistem Akademik dan Masa Bimbingan (PSA dan MABIM) diantaranya adalah: menjalin relasi sebanyak mungkin dengan teman-teman baru, mengakrabkan diri dengan senior-senior, mengenal lebih jauh tentang akademik dan sistem organisasi kemahasiswaan, dan tentunya akan mendapatkan hak untuk menjadi anggota Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) biasa tingkat universitas maupun fakultas.
Menjalin relasi dengan teman baru di dalam dunia kampus yang baru sangatlah penting. Hal tersebut akan mempermudah jaringan kita dalam memperoleh berbagai informasi sesama mahasiswa baru. Dengan demikian kita akan selalu merasa bahagia dan nyaman karena akan tumbuh sikap saling tolong menolong dan sikap cinta persaudaraan kerena kita sebagai mahasiswa mempunyai tujuan yang sama dalam mencari dan menuntut setiap disiplin ilmu atau pembelajaran sebagai bentuk implementasi dari tridharma perguruan tinggi.
Mengakrabkan diri dengan para senior tentu wajib. Seniorlah yang akan lebih banyak membantu dalam berbagai hal terkait dunia kampus yang menuntut kemandirian yang utuh, disiplin tinggi, tanggung jawab sejati, dan kerja keras yang penuh dengan keikhlasan. Mereka akan banyak berjasa bagi para mahasiswa baru yang masih awan akan dunia perkuliahan. Langkah awal kita sangat ditentukan bagaimana kita dapat bersemangat di garis star untuk menuju garis finish. Keterbukaan terhadap para senior pun menjadi penting sekali.
Mengetahui akademik dan sistem organisasi kemahasiswaan juga penting. Kita akan di-handle oleh sebuah sistem akademik yang akan terus memantau sejauh mana perkembangan dan keberhasilan kita sebagai mahasiswa. Tak hanya itu, hal tersebut juga diharapkan dapat menjadi proses kaderisasi awal kepada mahasiswa baru sehingga mahasiswa baru mudah beradaptasi dengan lingkungan akademik. Dan dengan mengetahui keorganisasian di dalam dunia kemahasiswaan kita dapat menentukan bakat dan minat kita yang akan dikembangkan dan hasil yang ingin dicapai di dalam kampus.
Yang terakhir, menjadi anggota Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) biasa menjadi menu utama kita untuk terbebas dari belenggu rutinitas pembelajaran di dalam kelas perkuliahan. Mengapa demikian? Karena dengan menjadi anggota Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) biasa kita akan mendapat hak untuk dipilih, memilih, serta mengikuti berbagai macam organisasi dan kepanitiaan. Mengikuti keorganisasian dan kepanitiaan sangat berguna bagi kita sebagai mahasiswa dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan, kerjasama, mengeluarkan pendapat, dan masih banyak lagi. Pengembangan bakat dan minat juga disalurkan melalui wadah organisasi yang menaunginya. Rugi besar jika tidak mengikutinyakarena belajar bukan hanya dari bangku kuliah tapi juga dari hasil berkiprah di dalam keorganisasian dan kepengurusan kepanitiaan.
Jadi, sangatlah jelas bahwa ketidakikutsertaan dalam kegiatan Pengenalan Sistem Akademik dan Masa Bimbingan (PSA dan MABIM) akibat sikap apatis akan berdampak pada kebermanfaatan yang tidak dapat dicapai secara penuh dan maksimal. Penyesalan akan dirasakan nanti di belakang. Waktu tidak dapat kembali ke masa lampau. Kesempatan tidak datang dua kali. Seharusnya kita sebagai mahasiawa Universitas Indonesia, universitas unggulan yang mengemban amanat bangsa, harus aktif, dinamis, atraktif, positif, dan kreatif. Jiwa-jiwa muda harus semangat menatap masa depan dan penuh pengorbanan dalam rangka pengabdian diri kepada bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Referensi:
Awaludin, Wahyu, “PSA MABIM FIB UI 2009”, http://www.anakui.com/2009/07/21/psa-mabim-fib-ui-2009.html. (26 Agustus 2010)

Tidak ada komentar: